Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan : Jeruk adalah buah berbentuk oval sphere dengan kulit kasar, kulit berpori. Warna mereka berkisar dari oranye ke merah-oranye. Kita mungkin bingung dengan buah jeruk lainnya, seperti grapefruits dan jeruk keprok. Namun, grapefruits biasanya jauh lebih besar dan lebih kuning, dan jeruk itu memiliki bentuk bola yang lebih datar daripada jeruk lainnya.

Sebuah Jeruk memiliki lebih dari 170 fitonutrien yang berbeda dan lebih dari 60 flavonoid, banyak yang telah terbukti memiliki anti-inflamasi, anti-tumor dan bekuan darah menghambat sifat, serta efek anti-oksidan yang kuat.

Sebuah Jeruk memiliki lebih dari 170 fitonutrien yang berbeda dan lebih dari 60 flavonoid, banyak yang telah terbukti memiliki anti-inflamasi, anti-tumor dan bekuan darah menghambat sifat, serta efek anti-oksidan yang kuat.

Kombinasi tingginya jumlah anti-oksidan (vitamin C) dan flavonoid dalam jeruk membuatnya salah satu buah terbaik dalam membantu untuk mempromosikan kesehatan yang optimal.

Kombinasi tingginya jumlah anti-oksidan (vitamin C) dan flavonoid dalam jeruk membuatnya salah satu buah terbaik dalam membantu untuk mempromosikan kesehatan yang optimal.

Buah yang manis ini ternyata memiliki banyak kandungan senyawa di dalamnya, kandungan senyawa ini kaya akan vitamin C, potassium dan folid. Jeruk manis ini juga mengandung hesperidin yang dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah kolesterol serta tekanan darah.

Sebelum membahas mengenai khasiatnya bagi tubuh, berikut fakta-fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui tentang jeruk:

Jeruk adalah spesies terbesar di antara buah citrus lainnya di dunia.
Setidaknya, diketahui lebih dari 600 varietas jeruk yang terdapat di Bumi dari berbagai tempat.
Jus jeruk dikenal luas sebagai salah satu minuman tersehat di dunia karena cakupan kesehatan yang luar biasa.
Penamaan warna oranye berasal dari jeruk. Sebelum buah jeruk terkenal, warna tersebut biasanya disebut dengan kuning-merah.
Jeruk memang terasa asam, tapi setelah dicerna di dalam tubuh buah jeruk sebenarnya bersifat basa.

Kandungan Buah Jeruk

Kembali lagi ke pembahasan buah dengan kulit harum ini. Soal kandungan di dalamnya, jeruk sangat kaya akan serat, vitamin C hingga antioksidan tinggi yang ampuh mendukung kesehatan dan kebugaran tubuh.

Berikut kandungan nutrisi yang terdapat di dalam 100 gram (g) buah jeruk:

Kalori: 61,6
Lemak: 0,16 g
Potasium: 237 miligram (mg)
Karbohidrat: 15,4 g
Gula: 12,2 g
Protein: 1,23 g
Vitamin C: 77%-93% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
Thiamin: 10% AKG
Folat: 10% AKG
Serat: 9% AKG
Kalsium: 4%-5% AKG
Potasium: 5%

Manfaat Buah Jeruk

Sungguh luar biasa bukan nutrisi yang terkandung di dalam buah yang telah mulai dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu di Asia ini? Tak salah memang, bahwa diketahui tentang kandungan vitamin C di dalamnya yang luar biasa.

Lalu, dari sederet nilai gizi yang ditawarkannya, apa saja yang bisa ‘diperbuat’ oleh buah jeruk bagi kesehatan tubuh kita?

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sudah bukan rahasia lagi kalau kandungan vitamin C di dalam buah jeruk ampuh berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh kita.

Mengonsumsi jeruk juga mampu membantu kita terhindar dari flu dan menghindari infeksi.

2. Melindungi Tubuh dari Kanker

Rutin mendapat asupan nutrisi dari jeruk membantu menjaga kerusakan sel tubuh dari radikal bebas yang berperan menimbulkan kanker.

Studi mengungkap bahwa kandungan dalam jeruk secara signifikan mampu mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

3. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Tak hanya vitamin C, jeruk juga diketahui kaya akan kandungan vitamin B6 di dalamnya.

Vitamin B6 mendukung tubuh dalam memproduksi hemoglobin dan juga menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal.

4. Menurunkan Tingkat Kolesterol Jahat

Penelitian membuktikan bahwa buah citrus mengandung polymethoxylated flavones (PMFs) yang memiliki potensi ampuh dalam menurunkan angka kolesterol jahat.

Bahkan, efeknya lebih efektif dan tanpa efek samping dibandingkan dengan obat-obatan.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Serat di dalam buah jeruk menjaga tingkat gula darah tetap terkontrol, membuatnya bisa menjadi ‘camilan’ sehat penderita diabetes.

Kandungan fruktosa dalam jeruk juga berperan menstabilkan gula darah dan mencegahnya naik secara tiba-tiba setelah kita mengonsumsi makanan.

6. Mendukung Kesehatan Mata

Tak hanya wortel, jeruk juga mengandung vitamin A dalam jumlah banyak yang berperan menjaga kesehatan indera penglihatan.

Jeruk adalah sumber karotenoid, vitamin A yang tersimpan di dalamnya memiliki peran penting dalam membuat selaput lendir di mata tetap sehat.

Vitamin A juga bertanggung jawab untuk mencegah degenerasi mascular yang berkaitan dengan usia, yang dalam kasus-kasus ekstrem dapat menyebabkan kebutaan.

7. Solusi bagi Sembelit

Jeruk memiliki serat larut dan tidak larut. Ini membantu menjaga usus dan fungsi lambung tetap lancar, mencegah sindrom iritasi usus.

Selain itu, serat membantu mengobati sembelit atau konstipasi dengan sangat efektif. Jadi solusi bagi kamu yang mengalami masalah pencernaan.

8. Menjaga Kesehatan Mental

Antioksidan flavonoid dalam jeruk juga bermanfaat untuk menangkal stres dan depresi. Orang tua yang rutin mengonsumsi jeruk memiliki risiko depresi yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memakannya.

9. Memperkuat Tulang

Vitamin C dalam jeruk dibutuhkan untuk pembentukan kolagen dan berkontribusi bagi kesehatan tulang.

Jeruk juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang normal dan diferensiasi sel.

10. Membantu Program Diet

Karena penuh nutrisi dan rendah kalori, jeruk bisa menjadi salah satu buah terbaik untuk mendukung program diet kamu.

Jeruk dianggap sebagai buah kalori negatif yang artinya mengandung lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan tubuh untuk membakarnya.

Dengan kata lain, dengan mengonsumsi jeruk tubuh akan membakar lebih banyak kalori daripada jumlah yang kamu makan.

11. Mendukung Perkembangan Kandungan

Jeruk adalah sumber vitamin B6 dan asam folat yang baik. Makan jeruk saat hamil akan membantu mengembangkan otak bayi dan mencegah cacat tabung saraf, yang diketahui menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang.

Ternyata nutrisi dalam buah jeruk yang selama ini dikenal luas bukanlah isapan jempol belaka. Nilai gizi yang dikandungnya benar-benar luar biasa, terutama vitamin C yang bahkan hampir memenuhi jumlah kebutuhan tubuh harian.